Pohon Raksasa Dari Amerika

Pohon Raksasa Dari Amerika

Sewaktu saya bermukim di California, Amerika Serikat, ada jenis pohon yang sangat masyhur. Nama pohon itu Sequoiadendron Giganteum, atau singkatnya Sequoia. Pohon ini ibarat primadonanya California. Teman saya sampai jauh-jauh dari New York ingin road trip ke California demi bisa menyapa Sequoia. Seperti apa sih keistimewaan pohon ini? Simak fakta-fakta berikut:

  1. Jenis Pohon Tertinggi di Dunia

 

Pohon ini termasuk jenis pohon kayu merah dan disebut sebagai pohon raksasa karena ukurannya yang memang masif. Nggak kaleng-kaleng, tinggi pohon ini bisa mencapai lebih dari 76 meter alias sekitar dua kali lipat tinggi Borobudur.

Ilustrasi Pohon Sequoia (Sumber: atreeandme.wordpress.com)
  1. Berat Pohon Lebih Dari Pesawat Airbus

 

Lebar pohon ini juga tidak kalah mencengangkan, yaitu sekitar sembilan meter dengan berat keseluruhan bisa mencapai 1,2 juta kilogram. Berat ini kira-kira setara dengan berat 30 pesawat jenis Airbus. MaasyaaAllah!

  1. Hidup Ribuan Tahun

 

Keistimewaan lain tentang pohon ini adalah masa hidupnya yang sangat lama. Bayangkan, sequoia raksasa bisa hidup hingga tiga ribu tahun lho! Waah, saya langsung membayangkan pohon-pohon ini sudah hidup bahkan sejak zaman para nabi!

  1. Dikembangbiakkan Dengan Cara Dibakar

 

Awal saya melihat si pohon raksasa ini adalah ketika mengunjungi Yosemite National Park yang terletak di perbatasan antara Nevada dan California. Ketika itu saya bingung karena seperti banyak sisa pembakaran di lahan Sequoia. Awalnya saya pikir ini pembakaran illegal seperti halnya yang biasa terjadi di Riau dan Kalimantan. Usut punya usut, ternyata pohon sequoia dikembangbiakkan dengan cara dibakar. Api sangat membantu dalam pelepasan biji-biji sequoia ke tanah guna proses pengembangbiakkan.

Nah, kalau Amerika memiliki pohon raksasa Sequoia, bagaimana dengan Indonesia yah? Sebagai negara tropis, negeri kita juga pasti memiliki banyak kekayaan lingkungan yang tak kalah menariknya. Yuk jaga bersama dan wariskan hingga ke anak cucu kita. 🙂

#Writober2021 #Pohon #RBMIPJakarta #IbuProfesionalJakarta

mamafahima
admin@yulianasamad.com
No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.