Manfaat Mint Tea Bagi Kesehatan

Manfaat Mint Tea Bagi Kesehatan

Ketika tinggal di Tunisia, ada satu minuman khas yang selalu disajikan saat kita bertamu atau saat mengunjungi restaurant. Minuman itu adalah Mint Tea atau teh yang dicampur dengan rebusan daun mint. Saya termasuk yang sangat menyukai minuman ini. Setelah membaca beberapa referensi, ternyata rebusan daun mint memiliki manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa khasiat daun mint yang saya dapati dari beberapa sumber:

Ilustrasi Mint Tea (Sumber: MosaicNorthAfrica.com)
  1. Membantu Mengatasi Sakit Kepala

 

Kandungan menthol di daun mint berkhasiat dalam relaksasi dan membantu melancarkan peredaran darah. Untuk itu, meminum rebusan daun mint dipercaya dapat mengurangi keluhan sakit kepala. Selain rebusan daunnya, beberapa orang juga menggunakan minyak daun mint untuk olesan sakit kepala.

 

  1. Meredakan Sinus

 

Daun mint memiliki zat-zat yang bersifat anti-bakteri, anti-virus, dan anti-peradangan. Karena itu, meminum rebusan daun mint diyakini bisa membantu masalah sinus yang dipicu oleh infeksi ataupun alergi. Selain itu, unsur menthol yang dimiliki daun mint sangat berkhasiat dalam melegakan saluran pernafasan.

  1. Meredakan Nyeri Menstruasi

Masalah nyeri saat menstruasi adalah hal yang biasa dialami perempuan. Nah, daun mint ternyata juga memiliki efek relaksasi otot yang mampu mengurangi rasa nyeri ketika datang bulan.

  1. Membantu Menambah Energi

Dalam sebuah penelitian pada 24 orang didapati bahwa konsumsi kapsul minyak peppermint mampu mengurangi kelelahan yang mereka alami. Studi lain menunjukkan bahwa penggunaan minyak aromaterapi peppermint berkhasiat dalam mengurangi rasa kantuk di siang hari.

 

Meskipun daun mint berkhasiat bagi kesehatan, ternyata ada beberapa orang yang tidak disarankan untuk mengkonsumsi minuman ini. Secara khusus, konsumsi daun mint tidak dianjurkan bagi yang memiliki riwayat penyakit GERD (gastroesophageal reflux disease), hernia, dan batu ginjal.

Namun, bagi yang tidak memiliki penyakit di atas, konsumsi peppermint tea tidak akan membawa efek samping yang berarti, kecuali efek sering ke toilet bila terlalu banyak minum, hehe.

#Writober2021 #Minum #RBMIPJakarta #IbuProfesionalJakarta

mamafahima
admin@yulianasamad.com
No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.